Sabtu, 30 Oktober 2010

operasi geraham bungsu ku

assalamu'alaikuuum..
Udah lama banget ngga nulis. Aku mau ceria pengalam operasi pertamaku nih..
sebenernya berawal dari iseng-iseng ke dokter gigi, trs dokter nyuuh rontgen dan keliatanlah alo 3 geraham bungsuku ngga tumbuh pada tempatnya. dokter nyuruh operasi, tapi aku minta tunda ampe senen berikutnya. senennyapun akhirnya ditunda karena aku minta 3 gigi di ambil sekaligus, dan pake bius total, jadi persiapannya lumayan panjang, foto thorax, dan cek darah dan urin lengkap. waktu itu dijadwal operasi hari jum'atnya. tapi pas ke dokter albertus(dokter yg selama ini aku datengin) bilang ga boleh operasi klo blm stop methylprednisolone. akhirnya aku harus menunggu kurleb 15 hari untuk nyetop obat itu (obatnya di stop pelan2).
Tibalah hari senin lagi, aku dtg ke drg abdul latief SP.BM. dan dia setuju operasinya hari rabu. berhubung RSPJnya lg penuh, jadi kepastiannya besok pagi. kan kalo opeasi rabu, masuk RSnya hari selasa.
Selasa pagi jam 8 ada telfon dr assistennya sang dokter, ngabarin klo ada kamar. jam 10an aku sama mama datang ke RS. ngurus segala macemnya, jam 11 masuk kamar 204.
jam 12 di anterin makan, disuruh ganti baju pasien, di tensi, timbang berat badan, dan cek suhu badan.
jam 2 di cek tensi lg, jam 4 perawat yg dateng cowo, ganteng pula *jelalatan*. jam 6 dia lagi yg masuk. dia nanya : persiapan operasi ya? operasi apa? oh gigi, giginya kenapa?. hahahhaa.. banyak tanya jg yaa..
trus jam 8 susternya dateng lagi, ngasih tau kalo besok operasinya jam 8, ntar malem pasang infus, dan puasa mulai jam 2. JENG!! JENG!!. mulai takut :D
jam 10 aku kebangun suster yg baik itu nganterin baju operasi besok, dan dia nanyain, mau pasang infus skrg apa besok? dan aku pikir2 enakan sekarang deh.
dan ternyata infus buat operasi itu jarumnya gedee.. pake yg paling besar, no. 18. kata mama ada yg leih gede no 16 tapi jarang di pake. suster cantik dan baik hati itu ngasih tau, ini masangnya agak sakit yaa.. dan ternyataaaa emang sakitt banget. kerasa tuh jarum susah banget masuknya... abis itu aku baru bisa tidur lagi jam 11.
jam 1 aku kebangun lagi karena aus.. eh rejeki nomplok, aku dikasih makan saur *halah* 3 roti, selai nanas, susu coklat. karena kan aku puasa sampe kentut setelah operasi. abis makan aku lanjut tidur lagii. :D
jam 5an aku bangun, ternyata suster udh mondar-mandir ke kamarku. jam 6 aku disuruh mandi, sikat gigi dan kumur. abis itu aku pake baju operasi, tanpa gelang, cicin, dan semua daleman, alias dibalik baju putih itu telanjang :D hahahaa...
oia lupa bilang, semalem tabung infusnya ga dicolokin, kan ceritanya puasa. jam 7 infusnya dicolokin. jam stgh 8 udah rapi dengan perlengkapan operasi. dan di dorong ke kamar operasi. waktu itu aku tegaaang banget. sebelom masuk pintu itu pake disuruh pamitan segala lagi.. makin tegang deh -__-
untungnya pas masuk ke dalem orang2nya lucu2. dan aku bisa agak santai..
sempet 2 kali pindah tempat tidur, akhirnya pndah ke meja operasi. org2 berkeliaran di sekitar aku. masangin monitor jantung, tensi di kaki, trus apalagi gitu di tempel di punggung ada 3 bulet. kaya ngalihin perhatian, ada yg ngajak ngmg, ada yg masukin sesuatu lewat infus (infusnya itu ada 3 cabang 1 dr tabung, 1 lg tempat masukin apa gt, satunya ngalir ke pembuluh darah) pas dimasukin sesuatu itu rasanya sakit.. kaya ditusuk jarum.. sambil di anyain macem2, kuliah dimana, semester berapa, jurusan apa, aku ngerasa kaki, tangan, mulai panas dingin, mata kaya seolah ada yg nyetrum, trus ditanyain yg terakhir, kuliah dimana, aku sempet jawab, al azhar, akhirnya aku ga tau apa2 lagi.
tau2 aku di panggil. mbak.. mbak amandaa.. mbak.. operasinya udah selesai ya.. sambil nepuk2 pundak dr belakang, aku melek sebentar, trus merem lagi karna belom jelas sama sekali. ada yg ngmg ini giginya ya.. dibawa pulan aja, sambil ketawa2 gt dan aku lgsg senyum :D hahaha. merem lagi. trus ada lg yg ngobrol, udah sadar? udah.. tapi biarin masih ngantuk. ada yg nanya ke aku,masih ngantuk ya? aku ngangguk2. aku berasa selang oksigen di cabut. dan tenggorokan kerasa aneh. aku udh ga di meja operasi lagi,monitor jantung udh di copot, tensi udh dicopot, tabung infus udah ganti, rambut udh terurai. bibir kerasa dingin. mata cuma jelas ngeliat ke atas. sebelom dibalikin ke kamar aku sempet nunggu disana sekitar 5 menit.
trus aku di dorong ke kamar lagi. aku ga tau siapa yg dorong. trus pas mau pindah ke tempat tidurku yg dikamar, ada perawat cwo yang nanya, perlu dibantu ngga? trus suster2nya bilang ngga usah. setelah selesai semua, aku dibiarin tidur lagi. tapi ga bisa.. karena rasanya ngga enaaak banget. mual, pusing, mata sepet, tenggorokan sakit (ternyata kata mama itu bekas alat bantu nafas)
aku dipesenin kalo udah kentut baru boleh makan. alhasil setiap suster yg masuk nanyain, udah kentut belum? udah ada rasa mau kentut? perutnya ada rasa2 apa gitu ngga? dan jawabannya semua sama.. NGGAK..
aku blh minum sedikit sedikit, dan aku coba2 nakal makan jg sedikit.
suster yg masuk pada bingung smua, dan nanya kamu udh makan? udah kentut blm? ngga muntah?. aku jawab aja, ngga muntah, dan ngga ada rasa apa2 diperutku. kayanya emang si usus blm bangun.
efek bius total emang kayanya lamaa bngt ampe sore aja aku masih linglung, ngantuk, melayang.. suster2nya jg bilang gt. sorenya, infusku udah mau abis, dan akhirnya di stop, tapi jarumnya masih nancep, ternyata buat masukin obat2nya.
setelah infus copot, rasanya ngantuuuk banget, padahal baru jam 8, yaudah, aku tidur aja, jam 10 aku bangun, dan liat ada sate padang di meja, langsung aja di makan, lupa kalo di mulut masih lembek banget gusinya. hahhaa.. eh kebetulan susternya masuk mau masukin obt lewat infus, dan dia kaget liat aku makan. ahhahha..
waktu itu aku ga sadar ternyata darahnya naek ke selang, jadi agak mampet gt deh, jadi pas dimasukin obat aku hampir ngeloncat karna sakit, dan sang suster kaget lagi. hahaa.. *doyan bgt bikin org kaget*
setelah itu aku tidur ampe pagi, dan bangun jam 6. disuruh mandi. mama jam 7 dijemput papa, krna mau jemput keponakan yg dateng. sebelom mama nyampe RS lagi, badanku panas, tepatnya kepalaku. jadi harusnya pulang, jadi nunggu lagi deh beberapa jam trus, jam 12 aku pulang.. :D
bukannya seneng, tapi malah sedih, kesel sebel, pokoknya badmood. ampe sekarang malah.. aneh bangeeet. badan ga enak pula. lengkap deh..
semoga ini cuma sementara.. -__-
oh iyaa.. intinyaa.. dokter yang mengoperasiku ini hebat banget.. ga sakit, berdarahnya cuma sebentar(abis buka gigitan kasa, cuma beberapa jam berdarah di ludah, itu pun kayanya darah udah lama karna warnanya udah coklat)trus bengkaknya pun ga parah2 amat. :D
udah ah kepanjangaaan.. berantakan pula.. capeeekk..
dadaaaahh

Tidak ada komentar: